Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bawaslu Kabupaten Simalungun Launching Posko Kawal Hak Pilih Pemilihan Serentak Tahun 2024

Komisioner Bawaslu Simalungun saat melakukan zoom meeting launching Posko Kawal Hak Pilih Daftar Pemilih kepada seluruh Panwascam dan PKD se-Kabupaten Simalungun. Rabu (26/6/2024) 

Tarunaglobalnews.com Simalungun — Bawaslu Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara, secara resmi meluncurkan (launching) Posko Kawal Hak Pilih Daftar Pemilih. Peresmian tersebut sebagai wujud kesiapan Bawaslu Simalungun dalam Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Simalungun, Rabu (26/6/2024).

Launching Posko tersebut dilakukan secara daring yang diikuti seluruh Komisioner Bawaslu Kabupaten Simalungun bersama Staf, Panwaslu Kecamatan serta Panwas Kelurahan Desa (PKD) se-kabupaten Simalungun yang dipimpin oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Simalungun, Eles Januari Sinaga.

"Posko Kawal Hak Pilih Daftar Pemilih yang kita luncurkan hari ini merupakan bentuk komitmen Bawaslu Kabupaten Simalungun dalam melakukan Pengawasan dalam tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih serta untuk menjamin hak pilih masyarakat yang berhak memiliki tidak kehilangan hak pilihnya, saat ini yang menjadi fokus pengawasan terkait pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yaitu kegiatan Coklit yang diawasi langsung hingga jajaran Pengawas di tingkat Kelurahan/Desa"jelas Eles Januari Sinaga.

Tahapan kegiatan Coklit atau Pencocokan dan Penelitian merupakan kegiatan dalam Tahapan Penyusunan dan Pemutakhiran Daftar Pemilih yang dilakukan Pantarlih ini bertujuan pemutakhiran data pemilih dengan mendatangi para Pemilih secara langsung di rumah. Selain itu, dalam rangka wujud kesiapan pengawasan dan pelaksanaan tugas-tugas pengawasan dalam tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih, Bawaslu Kabupaten Simalungun.

"Kepada seluruh Panwascam se-kabupaten Simalungun agar mendirikan posko kawal hak pilih di sekretariat panwascam serta di seluruh Nagori yang ada di Kecamatan masing-masing."tegasnya.

Masih ditegaskan Eles Januari Sinaga, kepada seluruh Panwascam dan PKD harus Mengidentifikasi Kerawanan-kerawanan dalam pelaksanaan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dan Penyusunan Daftar Pemilih, Senantiasa aktif berkoordinasi dengan Stakeholder di berbagai tingkatan untuk memastikan Pengawasan yang Komprehensif, Melakukan Pengawasan Langsung yang dilaporkan secara berjenjang dan berkelanjutan dengan menuangkan hasil pengawasan di LHP setiap harinya.

"Bawaslu Kabupaten Simalungun akan berupaya untuk menjaga dan memastikan penyaluran hak pilih sebagai wujud kedaulatan rakyat dapat terwujud dan agar pemilhan serentak tahun 2024 di Kabupaten Simalungun dapat berlangsung aman dan damai."ujar Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Simalungun Eles Januari Sinaga. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar