Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun Hadiri Pesta Budaya Kerja Tahunan di Kecamatan Dolok Silou

Tarunaglobalnews.com Simalungun — Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama wakil ketua DPRD Samrin S. Girsang menghadiri pesta gendang guro-guro aron (pesta budaya kerja tahun) di Nagori Panribuan Jahean, Kecamatan Dolok Silou, Simalungun, Sumut, Jum'at (16/8/2024).

Kehadiran Bupati dan Wakil Ketua DPRD di acara itu, juga didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Simalungun, dan disambut oleh Camat Dolok Silou bersama Warga dengan penuh suka cita.

Pesta budaya gendang guro guro Aron ini setiap tahun dilaksanakan oleh masyarakat Nagori itu sebagai bentuk syukur dan doa masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas keberhasilan dalam pertanian.

Mengawali sambutannya, Bupati Simalungun mengucapkan selamat melaksanakan pesta Budaya Kerja Tahunan. "Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses,"kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati Simalungun menyampaikan, kebersamaan yang telah terjalin antara pemerintah dan masyarakat selama ini telah membawa banyak keberhasilan yang diperoleh Kabupaten Simalungun.

"Dan berkat kebersamaan kita itulah, saat ini Kecamatan Dolok Silou menjadi Kawasan Pertanian Terpadu (KPT),"kata Bupati. 

Bupati berharap, KPT ini ke depannya tidak hanya sebagai angan-angan belaka, akan tetapi harus di realisasikan agar terwujud Kecamatan Dolok Silou menjadi Daerah KPT.

"Inilah alasan saya juga membawa teman-teman lintas sektoral di acara ini. Karena, mereka ini lah nantinya akan mengkonsep bagaimana caranya agar daerah kita ini perekonomiannya meningkat berkat daerah kita yang telah menjadi Kawasan Pertanian Terpadu (KPT),"ujar Bupati.

Disamping itu, Bupati juga menyebutkan bahwa di Kecamatan Dolok Silou akan di bangun gedung penyimpanan hasil pertanian (cold storage) dalam rangka menjaga kestabilan harga.

"Kedepannya kita juga akan bekerjasama dengan perusahaan - perusahaan. Dan tujuan pergudangan kita ini untuk menyimpan hasil pertanian saat harga tidak stabil, menunggu harga pertanian kita Normal kembali,"ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun juga akan melakukan identifikasi lahan-lahan pertanian yang karakteristik nya disesuaikan dengan pertanian di daerah itu.

Sisi lain, Bupati mengimbau kepada masyarakat agar menjauhi narkoba dan memberikan arahan kepada generasi muda supaya tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

"Saya tidak mau masyarakat Kabupaten Simalungun yang menyalah gunakan Narkoba. Untuk itu, mari kita jaga bersama-sama agar anak - anak kita terlepas dari bahayanya Narkoba,"tandas Bupati.

Sebagai bentuk dukungan dalam acara tersebut, atas nama keluarga Bupati memberikan bantuan dana kepada panitia, sembari mengingatkan panitia agar mengelola biaya dengan baik.

Sementara itu, Samrin S Girsang selaku Wakil ketua DPRD menyampaikan bahwa, Pemkab Simalungun sangat serius dalam peningkatan perekonomian para petani.

"Kita selalu berupaya menyelesaikan permasalahan dari hilirisasi, dan kita selalu berbenah untuk meningkatkan kwalitas pertanian dan juga perekonomian masyarakat,"kata Samrin.

Menurut Samrin, untuk mencapai hal itu pekerjaan harus berlanjut terus dan saling mendukung satu dengan yang lainnya dari seluruh elemen masyarakat.

Sebelumnya, Astra Parangin angin selaku tokoh masyarakat menyampaikan raya syukur dan suka cita atas kehadiran Bupati Simalungun beserta rombongan. Ia juga mengatakan bahwa masyarakat siap mendukung setiap program Bupati Simalungun.

"Semoga kehadiran bapak Bupati dan rombongan membawa keberkahan dan kemajuan bagi kecamatan kami, terkhusus Nagori kami ini,"harap Astra.

Dari Nagori Panribuan Jahean, selanjutnya Bupati Simalungun dan rombongan menuju Nagori Panribuan Dolok kecamatan yang sama untuk menghadiri acara yang sama pula. Di Nagori ini Bupati juga memberikan bantuan kepada panitia untuk mendukung kesuksesan acara. (Rel)

Posting Komentar

0 Komentar