Breaking News

6/recent/ticker-posts

Mentri PUPR : kita ada teknologi tahan gempa

Tarunahlobalnews.com Banyuwangi — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam sesi berbincang dengan para Relawan Kemanusiaan dan Kebencanaan, serta awak media, merespons ramainya media sosial atau masyarakat akan adanya ancaman potensi bahaya dari gempa megathrust, dalam kesempatan ini beliau berbicara akan dampak di sektor perumahan, Ia sangat yakin mengatakan rumah di Indonesia tahan gempa hingga 1.000 tahun.

"kita ada teknologi tahan gempa, dalam SNI yang baru itu tahan gempa hingga 1.000 tahun"

Basuki menjelaskan, saat ini Indonesia sendiri sudah memiliki teknologi tahan gempa untuk pembangunan hunian. Hal ini menjadi salah satu pedoman bagi para pengembang untuk membangun perumahan di Indonesia.

"Kalau megathrust itu kan hubungannya dengan gempa, ini PUPR melalui Dirjen Perumahan untuk protect dan keamanan, memastikan semua bangunan rumah menggunakan teknologi tahan gempa"

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) dalam banyak kesempatan menjelaskan bahwa megathust merupakan sumber gempa subduksi lempengan tektonik yang saling bertabrakan di kedalaman kurang dari 50km. Megathrust dapat di analogikan sebagai patahan dengan dorongan naik yang sangat besar, yang mampu mengakumulasi energi medan tegangan gempa yang sangat kuat dan memicu pergeseran dan menimbulkan retakan, sangat berpotensi destruktif mampu membuat terjadi tsunami. (Ray ReNus)

Posting Komentar

0 Komentar