Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bilik Suara Tiba Di KPU Simalungun, Bawaslu Kabupaten Simalungun Lakukan Pengawasan

Tarunaglobalnews.com Simalungun — Bawaslu Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara melaksanakan pengawasan terhadap kedatangan logistik Pilkada berupa bilik suara ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun, jalan Jon Horailam Saragih kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Rabu(18/9/2024) pukul 08.00 WIB.

Komisioner Bawaslu Simalungun divisi SDMO diklat, Diamanson Purba memastikan bahwa pengawasan terhadap logistik berjalan sesuai dengan aturan.

Kehadiran Bawaslu dalam proses ini bertujuan memastikan integritas dan transparansi dalam setiap tahapan Pilkada.

"Kami harapkan KPU Kabupaten Simalungun memastikan bahwa seluruh logistik sudah siap sebelum hari pemungutan suara. Selain itu, gudang penyimpanan harus dipastikan aman, jangan sampai bocor ketika hujan agar logistik tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan,” Ujarnya.

Ia juga menyarankan agar logistik tidak diletakkan langsung di lantai guna menghindari kelembapan yang dapat menyebabkan kerusakan.

“Misalnya, bilik suara atau logistik lainnya jangan diletakkan langsung di lantai. Sebaiknya ada penyangga atau panel tambahan sehingga logistik tidak langsung bersentuhan dengan lantai, yang bisa membuatnya lembab dan rentan rusak,” Ujarnya.

Sementara itu, Eka Sri Nova Hasibuan, Komisioner KPU Kabupaten Simalungun yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, turut serta dalam memantau kedatangan logistik. Ia memastikan bahwa proses pengiriman dan penerimaan logistik Pilkada berjalan sesuai rencana tanpa ada kendala berarti.

“Kami sudah menyiapkan segala sesuatu untuk memastikan logistik Pilkada ini aman dan tersimpan dengan baik hingga hari pemilihan,” ujarnya.

Penurunan bilik suara dilakukan oleh anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kabupaten Simalungun, yang sudah ditugaskan khusus untuk menangani logistik Pilkada ini. Proses penurunan berjalan dengan lancar dan tertib di bawah pengawasan ketat dari personel kepolisian dan staf KPU.

Kegiatan ini berlangsung hingga selesai dengan pengawasan ketat dari personel Polres Simalungun.

Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry J. Purba, menjelaskan bahwa pengamanan ini merupakan bagian dari upaya menjaga kelancaran proses Pilkada 2024 di Kabupaten Simalungun.

“Personel kami dikerahkan untuk memastikan tibanya logistik Pilkada berupa bilik suara di Kantor KPU berlangsung aman dan tertib,” ujar AKP Verry.

Logistik Pilkada ini diangkut dari PT Asada Mitra Packindo yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 27, Desa Sentul Jaya, Balaraja, Jakarta Selatan.

Sesuai dengan data yang diterima, jumlah bilik suara yang dikirim sebanyak 803 boks atau setara dengan 8.030 bilik suara, yang nantinya akan digunakan pada Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Simalungun. (*)

Posting Komentar

0 Komentar