Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun Berangkatkan Hasusuran Raja Simalungun dan Sanggar Seni Sihoda ke Festival Adat dan Budaya Nusantara di Padang, Sumbar


Tarunaglobalnews.com - Simalungun Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga memberangkatkan Ahli Waris/Hasusuran Raja Simalungun dan sanggar seni Sihoda untuk mengikuti Festival Adat dan Budaya Nusantara di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), yang berlangsung pada tanggal 4 s/d 7 September 2024.

Pemberangkatan Hasusuran Harajaon Simalungun dan sanggar seni sihoda tersebut dari Sanggar Seni Sihoda Batu 20 Kecamatan Panei,  Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (3/9/24).

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun menyampaikan bahwa, pemberangkatan hasusuran harajaon  Simalungun dan sanggar seni Sihoda ini sebagai bentuk Komitmen Pemkab Simalungun guna mendukung setiap masyarakat yang membesarkan Kabupaten Simalungun. 

"Saya akan selalu mendukung dan tidak pernah saya tidak mendukung adek-adek kita dari sanggar tari Sihoda. Untuk kepada anak - anakku agar tetap berkreasi dan tetap membawa kebanggaan Kabupaten Simalungun,"kata Bupati. 

Menurut Bupati, memberangkatkan hasusuran harajaon Simalungun dan sanggar seni sihoda ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan serta mendukung kemajuan sekaligus kebesaran seni dan budaya.

"Selama saya memimpin Kabupaten Simalungun saya tidak pernah tidak mendukung adek-adek ku sekalian, apa lagi kalian membawa Budaya Simalungun ke tingkat Nasiaonal, bahkan Internasional,"ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati berpesan kepada peserta, jika masih membutuhkan sarana dan prasarana pendukung nantinya agar langsung berkoordinasi ke Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Saya mau selama penampilan di sana (Padang) jangan di pikirkan yang lain - lain, saya mau tetap fokus dan kasih yang terbaik buat Simalungun,"pinta Bupati. 

"Sehat-sehatlah para raja kami dan kepada anak-anak kami dari sanggar tari sihoda, tetap jaga kesehatan dan bawalah kebanggaan Budaya Simalungun di Sumatra Barat Kota Padang,"imbuh Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada Harajaon Marpitu agar bersama-sama menjaga Seni dan Budaya Simalungun dan mari sama-sama menghadiri acara Pesta Rondang Bittang yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan.

"Harajaon itulah yang menunjukkan identitas Simalungun. Kita tidak mau harajaon itu nampak pada saat acara saja. Akan tetapi harus di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,"kata Bupati. 

Menurut Bupati, Pemkab Simalungun akan menyelenggarakan Pesta Rondang Bittang dijadwalkan pada tanggal 19 September 2024 mendatang.

"Dan pada acara Pesta Rondang Bittang, kami berharap para raja-raja kami agar hadir dan mari kita perkenalkan dan ajarkan pada generasi muda kita tentang adat dan budaya Simalungun,"kata Bupati. 

Disampaikan Bupati, Pemkab Simalungun juga telah membangun gedung Budaya di Ibukota Simalungun di Pamatang Raya. 

Hal itu bertujuan demi melestarikan dan mempertahankan budaya Simalungun sekaligus bentuk komitmen pemerintah untuk menggiatkan seni dan budaya Kabupaten Simalungun.

Laura Tyas Avionita Sinaga, selaku pemilik Sanggar Tari Sihoda memyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun yang telah peduli dan memberikan perhatian terhadap pelestarian dan kemajuan budaya Simalungun. 

"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Bupati Simalungun yang selalu mendukung dan suport kami sehingga terus dapat berkarya. Tidak hanya kami, bapak Bupati juga telah memberikan perhatiannya untuk Simalungun,  seperti infrastruktur jalan yang sudah banyak diperbaiki,"sebut Laura. 

Sementara itu, dr Sarmedi Purba SPoG, tokoh adat dan budaya, turut memberikan apresiasinya atas kehadiran Bupati Simalungun yang secara langsung melepas rombongan menuju festival.

"Ini bukan pertama kalinya kami mengikuti festival Nusantara di berbagai kota di Indonesia. Kami berharap suatu saat nanti, Simalungun bisa menjadi tuan rumah festival yang menghadirkan para raja Nusantara ini," kata dr Sarmedi.

Acara pelepasan ditutup dengan pemberian boras tenger secara simbolik kepada para penari Sanggar Sihoda, oleh Bupati sebagai tanda siapnya rombongan untuk bertolak menuju festival Nusantara. (*)

Posting Komentar

0 Komentar