Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun Buka Giat Pesparani Katolik Daerah Kabupaten Simalungun Tahun 2024

Tarunaglobalnews.com - Simalungun | Umat Katolik di Kabupaten Simalungun menyelenggarakan kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Daerah Kabupaten Simalungun Tahun 2024.

Kegiatan keagamaan umat Katolik itu secara resmi dibuka oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap, ditandai dengan pemukulan gong, Sabtu (31/8/24)

Turut mendampingi Bupati dalam pemukulan gong, Sekda Esron Sinaga dan Pastor Kepala Paroki Kuasai Paroki dari 9 paroki di Kevikepan Santo Paulus Rasul Pematangsiantar.

Giat Pesparani Katolik ini di pusatkan di Kompleks Gereja Katolik Paroki St. Petrus dan Paulus Batu V Jln Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu: "Umat Katolik Yang Berpartisipasi", dan sub tema: "Umat Katolik berpartisipasi Membangun Simalungun".

Ketua panitia, Robert Pangaribuan melaporkan bahwa kegiatan Pesparani ini memperlombakan tiga kategori, yaitu lomba vocal group OMK (Orang Muda Katolik), Lomba Paduan Suara dewasa campuran dan lomba bermazmur OMK.

Ketiga lomba ini Diikuti oleh 9 paroki yang ada di Kabupaten Simalungun. "Tujuan diadakannya Pesparani ini, untuk mengajak umat berpartisipasi membangun kebersamaan umat,"jelas Robert.

"Kami umat se-Kevikepan juga mendoakan dan mendukung program bapak Bupati Simalungun dalam melaksanakan roda pemerintahan di Kabupaten Simalungun,"imbuhnya lagi.

Sebelum dimulai perlombaan, diawali dengan Kegiatan ibadah yang dipimpin oleh Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap.

Dalam khotbahnya, antara lain Uskup mengajak umat katolik untuk menjadi agen perubahan, yang dimulai dalam hal kecil, salah satunya adalah dalam dekorasi dengan tidak menggunakan bunga putus.

"Mari kita berlomba mencari kemuliaan Tuhan. Kita kembangkan talenta kita. Jadilah hamba yang menjadi agen perubahan,"ajak Uskup.

Sementara itu, Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah bekerjasama dengan baik, sehingga umat katolik seKevikepan St. Paulus Rasul Pematangsiantar dapat melaksanakan Pesparani daerah Katolik Kabupaten Simalungun.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, untuk itu, mari kita bertanding dengan tujuan untuk kemuliaan Tuhan, sehingga prestasi yang di berikan dewan juri itulah yang terbaik bagi kita,"kata Bupati.

Menurut Bupati, Pesparani adalah aktivitas umat Katolik dalam bentuk pengelaran bernyanyi dan musik. Pesparani juga merupakan kegiatan antara hierarki gereja, umat dan pemerintah untuk mengembangkan iman.

"Banyak talenta yang telah diberikan Tuhan kepada kita, seperti ASN, Pengusaha, birokrat, pemberita. Mari,  talenta ini kita pakai untuk kemuliaan Tuhan,"pungkas Bupati yang didampingi istri tercintanya Ratnawati Sidabutar. 

Selanjutnya, Bupati Simalungun mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk umat katolik untuk bersama-sama, Marharoan bolon membangun Kabupaten Simalungun agar lebih baik dan sejahtera ke depannya.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut dengan memberikan bantuan dana pembinaan kepada peserta yang meraih juara 1 sebesar Rp 7 Juta, Juara 2 sebesar Rp. 5 juta dan juara 3 sebesar Rp 3 juta.(*)

Posting Komentar

0 Komentar