Breaking News

6/recent/ticker-posts

Gedung IV Pasar Horas Kebakaran, Kapolres Pematangsiantar Turun Langsung Meninjau

Tarunaglobalnews.com Pematang Siantar — Merespon laporan masyarakat, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK pimpin langsung Meninjau kebakaran Gedung IV Pasar Horas (Pajak Horas) Jalan Merdeka, Kelurahan Dwikora Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar, Minggu (22/09/2024).

Saat ditemui kapolres Pematangsiantar mengatakan, api sudah membakar dengan hebat di Lantai II. Ia menambahkan bahwa saat ini belum diketahui jumlah kios yang terdampak, namun data estimasi menunjukkan sekitar 400 kios.

Memang para petugas Pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota (Pemko) Siantar dan PT STTC maupun water cannon milik brimob datang melakukan pemadaman. 

Tim dari Polres masih belum dapat masuk ke lokasi karena harus menunggu kondisi api membaik. Di Lantai II, terdapat sisa-sisa api yang masih menyala, sehingga pengamanan tidak dapat dilakukan. Di Lantai I, ada beberapa petugas yang sedang mengamankan proses evakuasi, namun diimbau agar tidak memasuki gedung, mengingat kondisi gedung yang tidak jelas kelayakannya. Oleh karena itu, pemadaman api harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum langkah mitigasi dilakukan.

Pada Kesempatan itu Walikota Mengatakan sangat prihatin dengan kejadian kebakaran yang tidak terduga di Gedung IV Pasar Horas. Ia memastikan bahwa relokasi pedagang Pasar Horas akan segera dilakukan. 

Ada beberapa lokasi yang ditawarkan untuk relokasi, yaitu: pertama, di Baliho Rajawali; kedua, di Pasar Dwikora; ketiga, di Gedung II Pasar Horas; dan alternatif lainnya di Melanton Siregar. Total pedagang yang terdampak cukup banyak, dengan sekitar 400 pedagang aktif di lantai II dan 412 pedagang di lantai II.

Ia juga memerintahkan kepada Direktur Pasar Horas Jaya untuk segera mendata jumlah pedagang yang terdampak. Bantuan sosial dan bantuan permodalan akan segera disalurkan kepada mereka.

Namun hingg saat ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Sumber api diketahui salah satu kios kosong yang ada di Lantai 2, kemudian merambat membakar kios lainnya. 

Dimana kios di lantai 2 tersebut kebanyakan kios menjual pakaian bekas (Rojer), ikan asin, warung kopi, kios burung dan lainnya. 

Tampak dalam dalam peninjauan tersebut,Kapolres Pematangsiantar AKBP,Yogen Heroes Baruno,.S.H,.S.I.K,Walikota Pematangsiantar Dr.Susanti Dewayani Sp.A,Direktur Pasar Horas Jaya Bolmen Silalahi,Ketua Dekranasda Pematangsiantar H.Kusma Erizal Ginting,S.H,Staf Ahli Pemerintahan Pematangsiantar Dra.Happy Oikumenis Daely,Dandim 0207/Sml Letkol Inf Slamet Faojan, M.Han Danki Brimob AKP Ronny Sarko,Kabag Ops AKP Ilham Harahap,S.H,.M.H,Kasat Lantas AKP Gabriellah A.Gultom,.S.I.K,.M.H,. (Res)

Posting Komentar

0 Komentar