Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kondisi Jalan Nasional Di Dompu Rusak Parah, Diduga Anggaran Pemeliharaan Digigit Tikus

Kondisi Drainase dan Jalan Nasional rusak Parah di Kabupaten Dompu

Tarunaglobalnews.com NTB Dompu —Pemerintah Pusat melalui Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengucurkan Dana puluhan miliar bahkan lebih tiap tahun yang bersumber dari APBN guna pembangunan/pemeliharaan jalan dan jembatan namun kondisi jalan di wilayah Kabupaten Dompu rusak parah dan banyak berlubang.

Berdasarkan pantauan langsung awak media ini di lapangan bahwa hampir semua jalan nasional mulai dari perbatasan Dompu-Sumbawa sampai perbatasan wilayah Kabupaten Dompu dengan Kabupaten Bima khususnya Di jalan melintasi Desa O,O Kecamatan Dompu dan Jalan melintasi Desa Matua Kecamatan Woja kondisinya rusak parah serta saluran Drainasenya banyak yang ambruk.

Hal ini ditengarai penyebabnya karena faktor alam, masa pemeliharaan/perawatan tidak diperhatikan, dan kwalitas pengaspalan yang tidak sesuai standar yang telah ditetapkan atau di duga dana pemeliharaan jalan nasional tersebut banyak digerogoti oleh oknum instansi/lembaga terkait yakni Kantor Pejabat Pembuat Komitmen 08 Dirjen Bina Marga, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Mataram, Satuan Kerja Pelaksanaan jalan Nasional Wilayah Propinsi NTB Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di jalan lintas Sumbawa Bima Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu.

Akibat kerusakan jalan nasional di Desa O,O dan Desa Matua Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut sering terjadi kecelakaan dan arus lalulintas kendaraan macet dan terhambat, baik yang datang dari arah Dompu ke Bima maupun sebaliknya.

Terkait hal itu masyarakat Kabupaten Dompu meminta Kepada Pemerintah Pusat yakni Menteri Perumahan Rakyat Republik Indonesia dan Dirjen Bina Marga agar segera melihat langsung kondisi Jalan Nasional di wilayah Kabupaten Dompu Propinsi NTB dan kepada Institusi/ Lembaga anti Raswah (KPK) untuk mengusut tuntas pejabat dan penyelenggara Negara yang di duga menyalahgunakan anggaran Pemeliharaan Jalan Nasional di wilayah propinsi NTB khususnya di Kabupaten Dompu.

"Selama ini jalan Nasional di Wilayah Kabupaten Dompu kerap sekali rusak dan berlubang sedangkan di Daerah Sumbawa, Kabupaten Bima dan Kota Bima kondisi jalan Nasional selalu baik dan mulus," papar tokoh masyarakat Dompu yang enggan di rilis identitasnya oleh awak media.

Ia berharap agar pemerintah pusat melalui menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat agar jalan nasional di wilayah Kabupaten Dompu dapat di perhatikan yang sama dengan Daerah lain di seluruh Indonesia, harapnya.

Untuk sementara ini jalan Nasional yang sangat parah rusaknya adalah jalan yang melintas di wilayah Desa O,O Kecamatan Dompu dan Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, pungkasnya. (Rdw/ddo)

Posting Komentar

0 Komentar