Breaking News

6/recent/ticker-posts

Relawan DMC Dompet Dhuafa Tetap Mendampingi Warga Korban Bencana Banjir Bandang Rua

Tarunaglobalnews.com Ternate — Hari ke 12 pasca bencana banjir bandang yang melanda kelurahan Rua kota Ternante, Maluku Utara pada Minggu dini hari (25/8) tim relawan DMC DD tetap mendampingi para korban di pos induk pengungsian smk 4 Ternate.

Kordinator relawan, Gunawan saat di temukan mengatakan pendampingan akan di lakukan sampai masa pemulihan, kegiatan itu sendiri di mulai di hari pertama kejadian.

" Di waktu kejadian saat kami mendengar ada nya banjir bandang yang melanda wilayah Rua, dan mengakibatkan korban jiwa serta beberapa rumah hanyut hancur di terjang banjir bandang, kami segera melakukan kordinasi dan membentuk tim respon "

Selain ikut membantu pencarian korban hilang yang terbawa banjir bandang bersama tim SAR gabungan, kami membuka pos hangat untuk warga yang menjadi korban dan warga yang membantu para petugas SAR gabungan yang melakukan pencarian, kami juga melakukan pendataan korban, warga terdampak, kerusakan dan pemetaan wilayah terdampak.

Bersinergi dengan Pemkot serta lembaga lainnya, kami membuat pos pengungsian induk yang meminjam ruang ruang kelas smk negri 4 Ternate.

Selain pendampingan psikososial terhadap korban, tim melakukan pendampingan extra kepada lebih dari 30 anak anak yang menjadi korban banjir bandang.

Bersama relawan muda dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di Ternate, kami pastikan satu anak memiliki satu relawan pendamping untuk menjaga mereka, baik dalam hal psikologi mereka atas kejadian yang menimpanya, juga memastikan ada nya makanan yang sarat gizi dan nutrisi. Memastikan anak anak mendapatkan hak bermain sambil menyisipkan pengetahuan ringan, menjaga kualitas istirahat anak anak, juga memastikan kegiatan mereka berada di tempat atau lokasi yang aman.

Dengan akan berakhirnya masa tanggap darurat bencana pada 7 September nanti, tim akan tetap mendampingi para korban, dan warga terdampak untuk memulai tahap transisi pemulihan ujar Gunawan. Ada 241 warga penyintas saat ini, yang kami dampingi di pos pengungsian smk 4, baik orang dewasa, manula sampai anak anak, dan balita.

Semoga Rua cepat pulih dan bangkit kembali segera.

(Ray ReNus)

Posting Komentar

0 Komentar