Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bawaslu Sumut Bekerjasama Dengan Bawaslu Simalungun Launching Kampung Pengawasan Partisipatif Di Nagori Riah Naposo Ujung Padang

Tarunaglobalnews.com Simalungun — Pemungutan suara Pilkada serentak akan dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024 mendatang. Sebanyak 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi tersebut, termasuk Kabupaten Simalungun menjadi salah satu daerah yang akan melaksanakannya.

Penyambut gelaran akbar tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Simalungun melaksanakan Launching Pengawasan Pemilihan Serentak dan Launching Kampung Pengawasan Partisipatif Tahun 2024 yang berlangsung di Nagori Riah Naposo Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun. Selasa (22/10/2024).

Pantauan awak media ini di lokasi, Kegiatan Launching Kampung Pengawasan Partisipatif dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Simalungun beserta ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Simalungun, juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara M. Aswin Diapari Lubis, Suhadi Sukendar Situmorang selaku Kordiv Pencegahan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Sumut didampingi oleh Kepala Bagian Pengawasan, Batara AP. Tampubolon dan staf Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumut.

Dalam Kegiatan Launching Kampung Pengawasan Partisipasi tersebut juga diundang para Tokoh Agama, Pemilih Pemula, Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat sekitar lokasi Kampung Pengawasan Partisipasi. 

Untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Simalungun yang hadir adalah perwakilan dari Plt. Bupati Simalungun, SML Simangunsong, perwakilan dari Polres Simalungun, Ridho Pakpahan, Perwakilan Dandim 0207 Simalungun, perwakilan Ketua DPRD Simalungun Mariono, serta Forkopimca Kecamatan Ujung Padang.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Simalungun, Adillah Feruari Purba menyampaikan dengan adanya kegiatan launching kampung pengawasan partisifatif pada Pemilihan Serentak 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut terlibat dalam melakukan pencegahan dan pengawasan pada Pilkada Serentak pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Didirikan kampung pengawasan ini juga guna mendekatkan Bawaslu kepada masyarakat agar setiap dugaan pelanggaran pemilu segera dilaporkan kepada Bawaslu,” ucap beliau.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Simalungun mengapresiasi didirikannya Kampung Pengawasan Partisipatif di Kecamatan Ujung Padang mengingat luasnya wilayah dan banyaknya Nagori yang tersebar di Kecamatan Ujung Padang, yang nantinya diharapkan dapat menjadi wadah diskusi masyarakat sebagai pengawas partisipatif guna mencegah terjadinya pelanggaran dan terciptanya Pemilu Damai pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Suhadi Sukendar Situmorang menyampaikan bahwa kampung pengawasan partisipatif ada disetiap Kabupaten/Kota se-Sumetera Utara. Kampung ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal pengawasan partisipatif, dari sinilah akan tumbuh forum-forum warga yang membahas tentang pengawasan dan masyarakat diharapkan secara sukarela melakukan pengawasan partisipatif. Kami melihat di sana ada gazebo (sopo), oleh karena itu mari kita jadikan sebagai media tempat diskusi untuk membahas tentang pengawasan partisipatif.

Selain Kampung Pengawasan Partisipatif juga ada kegiatan Goes to Campus dan Pemberdayaan Alumni Sekolah Kader yang merupakan Program Bawaslu Provinsi Sumatera Utara dalam melaksanakan pengawasan pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 ujar Suhadi menutup sambutannya.

Aswin Diapari Lubis dalam kata sambutannya sekaligus melaunching Kampung Pengawasan Partisipatif mengatakan dengan adanya Kampung Pengawasan Partisipatif ini dapat menjalin persatuan dan kesatuan masyarakat yang ada di Kecamatan Ujung Padang khususnya Nagori Riah Naposo. Hubungan yang selama ini terbina dengan baik tetap dipertahankan.

Diakhir sambutannya Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara berharap dengan adanya kampung pengawasan partisipatif ini bisa menjadi contoh bagi nagori-nagori yang lain yang ada di Kabupaten Simalungun. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemukulan gondang dan pelepasan balon didampingi Forkopimda Kabupaten Simalungun. 

"Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu" (*)

Posting Komentar

0 Komentar