Breaking News

6/recent/ticker-posts

KPU Banyuwangi Mulai Menyiapkan Logistik Tahap Pertama Pilkada Serentak 2024

Tarunaglobalnews.com Banyuwangi — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi mulai menyiapkan berbagai kebutuhan Logistik untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Persiapan logistik tersebut, terpusat di gudang KPU Banyuwangi yang berlokasi di Kecamatan Kabat. Sedikitnya 30 pekerja dikerahkan untuk menyiapkan berbagai barang logistik di tahap pertama ini.

Beberapa barang logistik yang mulai disiapkan pada tahap pertama, diantaranya Kotak Suara sejumlah 5.514 buah, dan Bilik suara sebanyak 10.928 buah.

Selain itu, KPU Banyuwangi juga menyiapkan barang logistik lainnya seperti, Kabel ties sebanyak 32.784 buah, Tinta sebanyak 5.464 buah dan Segel sebanyak 135.837 buah.

"Untuk kebutuhan barang logistik, semuanya sudah lengkap. Ini merupakan persiapan logistik tahap pertama,” ujar Dian Purnama, Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi, pada Rabu (16/10/2024). 

Pada tahap pertama ini, KPU Banyuwangi melakukan pengosongan kotak suara sekaligus pemilahan arsip Pemilu 2024. Selanjutnya, pengerjaan perakitan kotak suara Pilkada 2024. Untuk kotak suara yang sudah dirakit akan ditempatkan tersendiri untuk dilakukan penataan.

“Saat ini, untuk Surat Suara masih tahap persiapan cetak. Surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi dicetak di Bali. Sedangkan untuk surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dicetak di Gresik,” kata Dian.

Lebih lanjut Dian menjelaskan, setelah semua kebutuhan barang logistik tahap pertama tercukupi. Selanjutnya, pengadaan logistik Pilkada serentak 2024 tahap dua segera dilakukan.

Pencetakan surat suara akan dimulai pada 29 Oktober 2024, dan untuk pengiriman surat suara dari percetakan ke Gudang KPU Banyuwangi dilakukan pasa 5 November mendatang.

"Dalam pengiriman surat suara dari percetakan ke gudang KPU, akan dikawal dan diamankan oleh Polresta Banyuwangi,” pungkasnya. (Yudha AO)

Posting Komentar

0 Komentar