Breaking News

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa STAI Panca Budi Perdagangan Raih Medali Perak Dalam Ajang 4th ISLC New 2024

Tarunaglobalnews.com Perdagangan – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Panca Budi Perdagangan meraih mendali perak dalam ajang 4th Indonesian Student & Lecturer Competition (ISLC) New 2024 dalam bidang Engineering & Computer pada tema Multimedia yang diselenggarakan oleh Forum Kerjasama Perguruan Tinggi (FKPT) dan yang menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan kali ini ialah Politeknik Indonesia-Venezuela (Poliven) pada tanggal 18 Oktober 2024 di Aceh Besar Provinsi Aceh.

TIM Mahasiswa yang meraih mendali perak pada ajang tersebut ialah Indih Dwi Utami dan Yanti Anshari mahasiswa pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dengan dibimbing oleh seorang dosen bernama Muhammad Wahyudi, M.Pd.I. perwakilan tim mengungkapkan, mereka mengusung paper yang berjudul “The Effect of Origami on Early Childhood in Kindergarten”. 

Dalam media pembelajaran pada taman kanak-kanak ada media yang sering digunakan oleh guru yaitu origami, kami melakukan penelitian dan melihat seberapa besar pengaruh origami dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, terang Indih.

Selanjutnya, kata Indih, data tersebut diolah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS sehingga didapatkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode keterampilan melipat origami pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Hasil hitung pada taraf signifikan 0,05 atau 5% ternyata nilai t hitung > t tabel, yaitu (4.386 > 1.674). artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya pengaruh keterampilan melipat origami terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini di Taman Kanak-Kanak

Indih mengungkapkan, persiapan untuk mengolah data dan menyusun paper membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Tantangan terberat yang dialami oleh dia dan tim adalah mengisi angket karena yang menjadi sampelnya adalah anak usia dini.

Namun, tantangan tersebut tidak menyurutkan semangat Indih dan tim. Menurutnya, kompetisi paper ilmiah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyumbangkan pengetahuan, keterampilan, dan solusi inovatif. Dengan akses terhadap teknologi canggih dan sumber daya informasi yang luas, mahasiswa dapat menggali topik-topik seperti Graphic Design, Youtube Content, Robotic Control Design, dan Scientific Paper pada bidang Engineering & Computer.

“Sebagai generasi yang terdidik di era digital, mahasiswa pada program studi PIAUD memiliki kesempatan unik untuk mengintegrasikan kemampuan dengan kemajuan pada era yang serba digital saat ini, Dengan demikian, kami dapat mengeksplorasi kekurangan pada proses pembelajaran baik dari segi peserta didik maupun dari segi yang mengajar. imbuh Indih.

Sebagai tambahan informasi, Indonesian Student & Lecturer Competition (ISLC) merupakan program Tahunan yang diselenggarakan oleh FKPT guna mendorong kampus-kampus perguruan tinggi yang dibawah naungan FKPT dapat meningkatkan kualitas dalam menyongsong akreditasi kampus menuju unggul. 

Pada kesempatan yang sama dosen pembimbing Bapak Muhammad Wahyudi, M.Pd.I. juga menyampaikan bahwa ini merupakan motivasi dan dorongan bagi mahasiswa dan dosen lain di STAI Panca Budi Perdagangan agar dapat berkompetisi lagi bukan hanya tingkat nasional seperti yang diraih oleh adik-adik kita ini, akan tetapi bisa meraih prestasi lagi di ajang Internasional. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar