Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pelantikan Anggota DPRD Dompu Berjalan Tertib,Tongkat Ketua Dewan Kembali Di Pegang Andi Bahtiar AM,Par

Tarunaglobalnews.com Dompu NTB —Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Dompu dalam rangka pengucapan sumpah/janji 30 orang Anggota DPRD Dompu,masa jabatan 2024-2029 berjalan sukses dan palu Ketua DPRD kembali di pegang oleh Andi Bahtiar AM,Par serta Wakil Ketua Kurnia Ramadhan SE,MSi, Senin (30/9/24) mulai sekitar pukul 09.00 Wita,bertempat di halaman depan Kantor DPRD Dompu.

Prosesi acara pelantikan tersebut di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan Surat Keputusan Gubernur NTB tentang pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Dompu masa bakti 2024-2029 oleh Sekwan Dompu Arif Hidayatullah SE.

Sambutan PJ Gubernur NTB Hasanuddin yang di kutip awak media dari Sekwan Dompu menyampaikan, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmah dan hidayah-Nya sehingga pada pagi yang ceriah ini kita berkumpul dalam momen yang penuh arti yaitu pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Dompu masa jabatan 2024-2029.

Pengucapan sumpah/janji hari ini bukan sekedar seremonial belaka,tapi sebuah tonggak penting dalam perjalanan Demokrasi yang Luber dan Jurdil di Kabupaten Dompu. Dan pengucapan janji ini merupakan janji suci yang mengikat, tidak hanya di mata hukum tetapi juga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, setiap langkah dan setiap Keputusan yang di ambil harus selalu di dasarkan pada integritas,kejujuran dan rasa akuntabilitas yang tinggi.

"Sebagai wakil rakyat setiap anggota DPRD seyokyanya memiliki amanah besar untuk menjadi pelayan rakyat yang responsif,akuntabel dan kerap mendengar aspirasi masyarakat seluruhnya, bukan perorangan atau kelompok tertentu saja,"harap Gubernur NTB.

Selanjutnya, bahwa era otonomi Daerah memberikan peluang besar bagi pemerintah Daerah untuk mengelola sendiri. Namun dengan wewenang yang luas ini datang pula tanggung jawab yang besar, kreativitas dan inovasi harus menjadi pemandu dalam merumuskan kebijakan yang pro rakyat. Disinilah peran anggota legislatif Daerah yang sangat krusial dan bukan sekedar institusi yang menyetujui bajeting atau pengesahan Peraturan Daerah( Perda) semata.

Kemudian lebih dari itu DPRD adalah mitra sejajar Kepala Daerah dalam menjalankan roda Pemerintahan. Kolaborasi yang hormonis antara legislatif dan eksekutif adalah kunci untuk menciptakan Pemerintahan yang efektif, dan berdaya guna, serta benar-benar berorentasi pada goal akhirnya adalah Kesejahteraan rakyat. Dan bukan sebaliknya sebagai anggota legislatif yang tidak berpihak kepada Rakyat dan Pemerintah.

Di akhir sambutan PJ Gubernur NTB mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang baru di ambil sumpah/janji, dan mari kita jadikan masa Bhakti ini sebagai periode yang penuh prestasi dan keberhasilan, dengan semangat kerja keras, kolaborasi yang baik dan komitmen yang tinggi agar Daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu ini semakin maju dan kondusif.

Sambutan Penjabat sementara Bupati Dompu Baiq Nely Yuniarti AP, M.Si menyampaikan dengan singkat, pemilihan anggota legislatif tanggal 14 Pebuari 2024 yang lalu telak terlaksana dengan baik dan sukses. Kita semua mampu melaksanakan kontestasi politik dengan penuh etika dan bermartabat, kekalahan dan kemenangan adalah hal yang lumrah dalam berdemokrasi, hari ini seluruh perbedaan yang pernah tercipta dalam masa-masa Pemilu Legislatif kemarin harus kita kuburkan untuk selanjutnya mari kita satukan langkah dan presepsi untuk satukan visi membangun Daerah Kabupaten Dompu sebagaimana harapan seluruh masyarakat kita mulai dari hulu sampai ke hilir.

Karena harus kita akui pula bahwa rakyatlah sebagai pemenangnya,hal ini sebagai bukti keberhasilan seluruh komponen masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu, yang di bantu oleh jajaran TNI/Polri dalam mengamankan pelaksanaan pesta Demokrasi dan KPU sebagai penyelenggara serta Bawaslu sebagai pengawas Pemilu sehingga terpilihlah 30 Orang anggota Legislatif Daerah yang terhormat masa jabatan lima tahun mendatang yaitu priode 2024 sampai dengan 2029 yang baru saja di Lantik dan di sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Dompu.

Di akhir sambutan PJS Bupati Dompu mengatakan, tak terasa waktu bergulir cepat,pada momen yang mulia ini saya atas nama pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menyampaikan permohonan maaf kepada kepada anggota legislatif yang telah menyelesaikan masa jabatannya, apabila selama kemitraan yang telah terjalin selama ini ada salah dan khilaf yang telah ditorehkan oleh seluruh pimpinan perangkat Daerah dan jajarannya, pada kesempatan yang berbahagia ini kami ucapkan permohonan maaf yang setulus-tulusnya.

Sebagai penutup sambutan PJS Bupati Dompu merangkaikan Kalimat yang puitisnya, "Kalau Kita ibarat matahari maka anggota Dewan yang terhormat masa jabatan 2024-2029 yang baru di Lantik, bagaikan Matahari yang sedang terbit, sedangkan anggota Dewan yang terhormat periode 2019-2024 bagaikan matahari yang terbenam kedua -duanya memancarkan sinar keindahan bagi kehidupan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu."

Di tempat sama pula Ketua DPRD sementara H.Andi Bahtiar mengajak kepada seluruh anggota Legislatif yang baru termasuk dirinya untuk bersama-sama membangun Daerah ini ke arah yang lebih baik lagi karena tampa ada kerja sama yang baik mana mungkin Daerah yang kita cintai ini akan menjadi maju dan tangguh, saat menerima kembali palu sebagai Pimpinan sementara DPRD Dompu.

Acara Rapat Paripurna istimewa DPRD Kabupaten Dompu di hadiri oleh PJ Gubernur NTB atau pejabat mewakili, PJS Bupati Dompu, Baiq Nely Yuniarti AP, Unsur Forkopimda Kabupaten Dompu, Sekda Dompu Gatot Putra Perantau SKm, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda Dompu, pimpinan perangkat Daerah, Kabag Lingkungan Setda Dompu, Camat, Lurah dan Kades di lingkup Pemda Dompu, dan turut hadir pula, PJS Bupati Sumbawa, PJS Bupati Bima, PJS Wali Kota Bima, Ketua DPRD Sumbawa, Ketua DPRD Bima, Ketua DPRD Kota Bima, Toma, Toga dan Insan Pers Media cetak maupun on line dan undangan lainya. Dan acara tersebut berakhir pukul 12.00 Wita berlangsung tertib dan kondusif sekalipun acara tersebut dibumbui riak Aksi Demonstrasi dari kalangan HMI cabang Dompu namun acara tersebut berlangsung lancar dan sukses, pungkasnya. (Rdw/ddo)

Posting Komentar

0 Komentar