Breaking News

6/recent/ticker-posts

Tema Hari Kesaktian Pancasila di Dompu "Bersama Pancasila Wujudkan Indonesia Emas"

Tarunaglobalnews.com Dompu NTB —Jajaran di lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Beringin Pemda Dompu pada Selasa pagi (1/X/ 2024) berlangsung hikmad dan lancar, yang dihadiri oleh sejumlah pejabat penting daerah serta elemen masyarakat.

Detik-detik upacara Hari Kesaktian Pancasila dimulai pada pukul 08.00 Wita, bertindak selaku pemimpin upacara Pjs. Bupati Dompu, BQ. Nelly Yuniarti, AP., M.Si, ikut hadir dalam upacara tersebut antara lain, Dandim 1614 Dompu Letkol Kav. Riyan Oktya Virajati, ST., MM., Wakapolres Dompu Kompol Jamaludin, S.Sos., Pimpinan sementara DPRD Kabupaten Dompu H. Andi Bachtiar, A.Md. Par., serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Dompu, Pengadilan Negeri Dompu, Sekda Dompu Gatot Putra Perantau SKm, M.Kes, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda Dompu, Pimpinan Perangkat Daerah, dan pejabat lingkup Pemda, pimpinan instansi vertikal, camat, lurah, kepala desa, serta organisasi wanita. Hadir pula para tamu undangan dari berbagai ormas dan elemen masyarakat lainnya.

Kemudian paket acara dimulai dengan penghormatan umum kepada Inspektur Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara, Kapten Kav. M. Kasim, serta dilanjutkan dengan laporan komandan upacara. Setelah itu, peserta upacara mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pjs. Bupati Dompu, sebagai penghormatan bagi pahlawan bangsa.

Pembacaan teks Pancasila menjadi bagian yang tidak terlewatkan, dan di barengi dengan pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945 yang dibacakan oleh Pimpinan sementara DPRD Dompu, H. Andi Bachtiar Am.Par. sedangkan Plt. Kepala Kesbangpol Kabupaten Dompu, Ardiansyah, SE membacakan Ikrar, yang menggambarkan komitmen bangsa untuk tetap setia kepada nilai-nilai Pancasila. Dan pembacaan Doa dipimpin oleh Kepala Kemenag Dompu, Drs. H. Syamsul M. Ilyas, M.Si.

Sementara peserta upacara terdiri dari beberapa elemen, termasuk 1 peleton TNI dari Kodim 1614 Dompu, personel Sat Samapta Polres Dompu, Brimob Ki 2 Yon C Dompu, Satpol PP, Dishub, serta 10 peleton pegawai ASN Pemda Dompu. Selain itu, upacara juga diikuti oleh peleton dari Pramuka dan siswa-siswi sekolah.

Upacara yang berlangsung dengan khidmat ini berakhir pada pukul 08.45 WITA. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan tertib dan lancar, serta mencerminkan semangat persatuan dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Melalui kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Dompu bersama seluruh masyarakat memperkuat komitmen untuk terus menjaga dan menegakkan Pancasila sebagai ideologi bangsa, guna mewujudkan cita-cita Indonesia Emas di masa depan, pungkas kasi Humas polres Dompu. (Rdw/ddo)

Posting Komentar

0 Komentar